Category Archives: Informasi

Sukseskan 212 Mart, Jamaah Harus Militan!

Sukseskan 212 Mart, Jamaah Harus Militan!

November 15, 2017 Posted by: Sri Sugiarti Category: Berita

Komitmen dan militansi dibuktikan dengan mengalihkan belanja harian ke 212 Mart. Berani?

Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Tangerang Selatan (Tangsel), Kusmanto mengatakan, ghirah ekonomi umat di komplek perumahaan Puspitek, Tangerang, Banten sangat tinggi dalam upaya membangkitkan ekonomi umat Muslim Indonesia.

Terbukti, kata dia, sebanyak 290 anggota yang bergabung sebagai investor gerai 212 Mart Puspitek. Adapun dana penyertaan bermetode portofolio atau saham. Kepemilikan saham peranggota minimal Rp 500 ribu dan maksimal Rp 20 juta.

212 Mart Puspitek ini berada di bawah payung hukum Koperasi Umat Madani Bersatu (KUMB) yang anggotanya sudah mencapai 750 orang lebih. Gerai 212 Mart Puspitek ini, adalah yang ketiga didirikan oleh KUMB.

“Alhamdulilah 212 Mart Puspitek, gerai ketiga kami sudah diresmikan Sabtu, 11 November 2017. Saat grand opening (GO) omzet meraih Rp 33 juta. Ini murni transaksi tanpa voucher,” kata Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212 Tangsel, Kusmanto kepada Koperasi Syariah 212, dihubungi Rabu (15/11).

Bahkan pada hari kedua, jelas dia, omzet tetap stabil di angka Rp 19,5 juta, dan hari ketiga mencapai Rp 7 jutaan. “InshaAllah stabilitas omzet harian akan terus terjaga dengan baik. Adapun tipe gerai ini adalah tipe C,” kata Kusmanto.

Dirinya pun menghimbau agar semua anggota yang gabung dengan KUMB agar tidak sekedar komitmen tapi harus mengalihkan belanja harian secara militan. “Kita ini belum bisa bersaing masih jauh dibandingkan toko tetangga. Maka dihimbau agar jamaah bukan sekedar komitmen, tapi wajib untuk mengalihkan belanja harian secara militan ke gerai 212 Mart yang sudah kita dirikan,” tegas Kusmanto.

Dalam pengembangan, juga memfasilitasi produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) dipasarkan di 212 Mart Puspitek. Bahkan saat GO saja sudah banyak produk UKM yang dipasarkan. Kedepan pun akan terus bertambah jumlahnya. Namun demikian, kata Kusmanto, khusus untuk produk UKM ini ada tim devisinya yang akan menyeleksi kelayakan kualitas produk tersebut, jadi tidak langsung masuk ke gerai.

Bahkan untuk produk UKM ini juga dibuat aplikasi tersendiri sehingga tidak gabung dengan produk dari Hydro. Hal ini untuk memudahkan pengawasan dan pengembangan dalam upaya pemasaran produk-produk di gerai 212 Mart Puspitek. Selain itu, sistem aplikasi online atau shopping online juga sedang disiapkan.

Sistem shopping online ini untuk memudahkan jamaah memesan produk-produk yang akan dibelikan ketika mereka tidak bisa datang membeli tapi bisa lewat aplikasi tersebut, dan kemudian akan dianter.

Selain itu, tambah Kusmanto, kedepan akan dikembangkan unit usaha lain seperti properti. ”Properti dan deleveri order menjadi satu kesatuan yang harus disiapkan dalam menyukseskan gerai 212 Mart ini,” katanya.

Rencananya, dalam waktu dekat KUMB yang berkantor di Perkantoran Plaza Bintaro Blok B-212 Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan ini akan membuka gerai ke 4 di Komplek Masjid Al Muhajidin Pamulang, dan gerai ke 5 di MRBJ Bintaro Jaya, Sektor IX.

“Sembari terus berbenah dengan berbagai perlengkapan operasional seperti aplikasi shopping online, aplikasi UKM, penambahan unit usaha, dan persiapan laporan anggota tahunan. InshaAllah akan membuka gerai ke 4 dan 5. Mohon doanya,” ungkap Kusmanto.

Kusmanto berharap ke depan KUMB dapat memiliki agen atau distributor untuk memudahkan pemasaran produk-produknya. Sehingga harga-harga produknya bisa lebih murah, dan juga bisa melayani gerai 212 Mart yang lain serta menghidupkan warung dan toko di sekitarnya.

“Cita-cita kami bisa miliki distribusi agen, kalau distribusi center (DC) mah KS 212 Pusat, dan kami akan mendukung. InshaAllah bisa mengalahkan toko tetangga, Itu kita harapkan,” pungkas Kusmanto.

Sumber:

Sukseskan 212 Mart, Jamaah Harus Militan!

Alfamidi di Depan 212 Mart Parung Bingung Tutup

Alfamidi di Depan 212 Mart Parung Bingung Tutup

November 10, 2017 Posted by: Ibrahim Aji Category: Berita

Berdiri berseberangan dengan gerai 212Mart Parung Bingung, Depok, tetiba Alfamidi tutup. Ada apa?

Info tutupnya Alfamidi di seberang gerai 212 Mart beredar di berbagai grup Koperasi Syariah 212. Belum jelas penyebabnya apa. Yang jelas, menurut Hidayati, Ketua Koperasi koperasi syariah Amanah Bersama Ummat (ABU), gerai Alfamidi itu tutup sejak 31 Oktober 2017. Sebelum tutup menurut pengamatannya “Masih ada yang belanja di sana (AlfaMidi—red)”, kata Hidayati S. melalui pesan singkatnya kepada Koperasi Syariah 212.

Koperasi ABU adalah badan hukum yang menaungi gerai 212 Mart Parung Bingung.

Ketika ditanya, apakah mungkin AlfaMidi tersebut tutup karena kehadiran gerai 212 Mart, tepat di seberang jalan? Hidayati menjawab, “Bisa jadi!”.

Lokasi kedua gerai ini adalah di Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok.

Sumber:

Alfamidi di Depan 212 Mart Parung Bingung Tutup

212 Mart Mustika Jaya Terus Berbenah Diri

212 Mart Mustika Jaya Terus Berbenah Diri
September 22, 2017, Posted by: Sri Sugiarti, Category: Berita

Sejak diresmikan pada 10 Juni 2017, 212 Mart Mustika Jaya terus berbenah diri dalam melayani masyarakat. Salah satunya, dengan membuat kartu anggota untuk memonitor jumlah jamaah berbelanja.

212 Mart Mustika Jaya ini terletak di Ruko Zamrud Blok A05 Jalan Raya Dukuh Zamrud, Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat.

“Kami membuat kartu anggota lokal, sebelum ada dari pusat. Kartu ini baru berjalan dua minggu. Nomor anggota dimasukkan ke sistem belanja, sehingga bisa memonitor anggota secara umum bergerak berbelanja,” ujar Arif Indarto, Sekretaris 212 Mart Mustika Jaya kepada Koperasi Syariah 212 dihubungi, Rabu (20/9) malam.

Karena termonitor itu, jelas dia, apabila ada anggota yang belum belanja akan diingatkan untuk belanja di toko milik umat ini, yang dibangun secara berjamaah. Sehingga 212 Mart Mustika Jaya ini berkembang dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia.

“212 Mart Mustika Jaya ini dari umat, oleh umat, dan untuk umat. Maka, umat harus berkomitmen untuk belanja di toko milik sendiri. Kami pengurus akan selalu mengingatkan,” ujar Arif.

Gebrakan lainnya yaitu, 212 Mart Mustika Jaya akan menerapkan sistem delivery order. Sistem ini, kata Arif, bertujuan memudahkan jamaah berbelanja produk-produk yang dibutuhkan tanpa harus datang ke toko.

“Kami sedang persiapan sistem delivery order untuk memudahkan anggota belanja. Karena ada beberapa jamaah yang rumahnya jauh dari lokasi 212 Mart ini. Delivery order ini untuk melayani satu Kecamatan dulu,” jelasnya.

Untuk memudahkan anggota, kata Arif, pihaknya akan membuat katalog ragam pilihan produk lengkap dengan harga yang kompotitif.

Katalog ini akan disebar kepada anggota dan warga lainnya.Sehingga mereka bisa memilih dan memesan produk yang dibutuhkan melalui aplikasi Whatsapp (WA), SMS atau telepon langsung ke 212 Mart Mustika Jaya.

“Untuk layanan delivery ini akan ada orang yang khusus menangani. Pengirimannya gratis, sistem kirimnya dua kali sehari yaitu pukul 10.00 WIB dan 17.00 WIB. Ini sistem yang akan kami persiapkan,” ungkap Arif.

Untuk katalog, menurut dia, tidak hanya produk-produk dari Hydro, tapi juga menampilkan pilihan produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Ada sekitar 20 produk UKM dari anggota yang dipasarkan di 212 Mart Mustika Jaya. Ke depan jumlah produk ini akan terus bertambah.

“UKM ini mitra 212 Mart Mustika Jaya. Sistem transaksinya tidak sinkronisasi ke pusat. Beda dengan produk dari Hydro yang langsung tersinkronisasi dengan pusat. Tapi untuk pembayaran tetap di satu kasir,” papar Arif.

Diakui Arif, pemasaran produk UKM di toko 212 Mart Mustika Jaya ini belum lama. Namun omzetnya sudah terbilang lumayan. “Alhamdulillah omzet produk UKM capai Rp 5 juta dalam waktu dua minggu ini. Insyaallah akan terus bertambah,” ujarnya.

Adapun, jelas Arif, omzet 212 Mart Mustika Jaya pada awal buka sepanjang bulan Juni 2017 mencapai Rp 108 juta. Namun omzet per Juli menurun, dan melejit lagi pada Agustus 2017 mencapai Rp 189 juta.

“Target omzet Rp 9 juta perhari, tapi saat ini baru Rp 6 juta perhari,” ujarnya.

Harapan kedepan, 212 Mart Mustika Jaya bisa mensuplai barang ke warung-warung tetangga yang ada di lingkungan. Untuk itulah, kata Arif, pihaknya berencana membuat Distribution Center (DC) dengan tujuan untuk memenuhi suplai barang kepada warung-warung.

Pasalnya, kata Arif, untuk pemenuhan barang ke warung-warung saat belum bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan dari Hydro. Mengingat pihak Hydro sendiri belum bisa memberikan diskon, sehingga tentunya harus mencari solusi dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi umat.

Salah satu upaya adalah mensuplai barang ke warung-warung tetangga yang ada di sekitar 212 Mart Mustika Jaya.”Rencananya, kami akan membentuk DC produk-produk UKM,” ujarnya.

Setelah membenahi gerai 212 Mart Mustika Jaya dengan baik dari segala sistemnya. Dikatakan Arif, kemudian akan dibuka gerai kedua pada awal 2018 mendatang.

“Insyaallah pada Januari 2018 akan dibuka gerai 212 Mart kedua di Kelurahan Kemuning. Mohon doanya,” pungkas Arif.

.

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/212-mart-mustika-jaya-terus-berbenah-diri/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha Sejahtera)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

Komunitas KS212

Kegiatan, Pengesahan, Pengurus Komunitas Koperasi Syariah 212
August 31, 2017 Posted by: Ibrahim Aji Category: Blog

Ini adalah serial Panduan Komunitas KS 212, kunjungi terus halaman ini untuk membaca seri terbaru Panduan Komunitas KS212. Karena panjanganya, tidak bisa kami tayangkan dalam satu artikel.

Komunitas Koperasi Syariah 212, layaknya komunitas lain, memiliki berbagai kegiatan yang sejalan dengan visi dan misi Koperasi Syariah 212 (KS212), di antara kegiatan tersebut adalah:
1. Melakukan pendaftaran anggota baru KS 212 sesuai prosedur.
2. Memasarkan dan menjual produk-produk KS 212 pusat dengan memenuhi ketentuan dan syarat yang berlaku.
3. Bekerjasama dengan KS 212 pusat menyelenggarakan berbagai jenis training dan pengembangan kompetensi
4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosialisasi dan pengembangan komunitas.
5. Menggagas bisnis dan pengembangan produk lokal yang dapat dikerjasamakan dengan pusat dan dengan komunitas lainnya.

Tentu saja, Komunitas KS212 harus mendapat pengesahan dari pengurus KS212 untuk mulai dapat melakuka kegiatan-kegiatan tersebut di atas. Pengesahan diperlukan untuk memastikan sebuah Komunitas KS212 telah mengikuti berbagai ketentuan dan panduan dari KS212.
1. Pengesahan Komunitas KS212 dilakukan oleh KS 212 pusat, setelah mempelajari usulan dari calon komunitas yang telah memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan.
2. KS 212 Pusat berhak melakukan permintaan data tambahan dan verifikasi sebelum mengesahkan Komunitas KS 212.
3. Calon Komunitas KS212 yang telah memenuhi syarat akan disahkan oleh KS 212 Pusat dengan menerbitkan Surat Keputusan.

Untuk menjalankan tugas dan fungsinya, Komunitas KS212 harus memiliki pengurus. Berikut ini adalah susunan dan panduannya:
1. Pengurus Komunitas terdiri dari minimal :
– Seorang Ketua
– Seorang Sekretaris
– Seorang Bendahara
– Tiga (3) orang penasehat

2. Pengurus komunitas diusulkan oleh komunitas dan diangkat serta disahkan oleh pengurus KS212 pusat melalui proses verifikasi dan pertimbangan kompetensi.
3. Calon pengurus komunitas yang telah memenuhi persyaratan akan disahkan oleh Pengurus KS 212 dengan menerbitkan Surat Keputusan.
4. Masa Jabatan Pengurus Komunitas adalah tiga (3) tahun dan dapat dipilih kembali untuk periode berikutnya.
5. Masa Jabatan Ketua komunitas secara berturut-turut adalah maksimal dua periode.

Tidak sembarang orang dapat menjadi pengurus Komunitas KS212. Berikut adalah persyaratannya:
1. Berusia antara 21 – 65 Tahun, kecuali penasehat
2. Bukan Pengurus efektif partai politik
3. Bukan Anggota separatis NKRI
4. Bukan Pengikut aliran sesat yang dilarang oleh MUI

Bersambung….

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/kegiatan-pengesahan-pengurus-komunitas-koperasi-syariah-212/

.

.

Panduan Komunitas Koperasi Syariah 212
August 30, 2017 Posted by: Ibrahim Aji Category: Blog

Komunitas Koperasi Syariah 212 (KS 212) adalah sekumpulan orang yang berhimpun pada satu komunitas dalam rangka mengembangkan ekonomi umat berlandaskan Spirit 212.

Lingkup Komunitas dibagi menjadi 2 bagian, yaitu: (1) komunitas berbasis wilayah; dan (2) komunitas berbasis kesamaan organisasi.

Komunitas Berbasis Wilayah. Lingkup Wilayah yang dimaksud dalam komunitas ini adalah wilayah Kota atau Kabupaten. Dalam hal, terdapat lebih dari satu komunitas pada satu Kota atau kabupaten, maka KS 212 Pusat akan menetapkan lingkup wilayah dari setiap komunitas.

Komunitas Berbasis Kesamaan Organisasi. seperti perusahaan, asosiasi, klub dan yang sejenisnya. Organisasi yang dimaksud dalam komunitas ini adalah organisasi yang telah memiliki Badan Hukum resmi dan bukan partai politik.

Misalnya sebuah koperasi ingin menjadi Komunitas, maka harus memiliki badan hukum yang sudah berjalan minimal 6 (enam) bulan.

Syarat Komunitas
Untuk Komunitas Berbasis Wilayah, persyaratannya adalah:
1. Memiliki minimal anggota 100 orang yang berada pada wilayah yang sama.
2. Memiliki minimal 100 anggota yang sudah terdaftar menjadi anggota pada KS 212 (minimal sudah membayar simpanan pokok dan simpanan wajib).
3. Memiliki tempat untuk melaksanakan kegiatan usaha dan pembinaan ekonomi syariah. Tempat tersebut bisa dimiliki, disewa atau pinjam pakai.

Untuk Komunitas Berbasis Kesamaan Organisasi, persyaratannya adalah:
1. Memiliki minimal anggota 100 orang yang merupakan anggota organisasi yang sama, atau karyawan perusahaan yang sama.
2. Memiliki minimal 100 anggota yang sudah terdaftar menjadi anggota pada KS 212. (minimal sudah membayar simpanan pokok dan simpanan wajib).
3. Memiliki tempat untuk melaksanakan kegiatan usaha dan pembinaan ekonomi syariah. Tempat tersebut bisa dimiliki, disewa atau pinjam pakai.

Nah, itu tadi jenis komunitas dan persyaratannya. Anda mungkin bertanya, apa sih gunanya komunitas? Yang jelas, ia menjadi kepanjangan tangan dari KS212. Itu dari sisi KS212. Dari sisi anggota, komunitas membangun silaturahim antaranggota. Dari silaturahim ini berkembanglah kegiatan dan bisnis berjamaah. Adapun sesuai panduan dari Pengurus KS212, komunitas memiliki tugas, yaitu:

1. Menjadi pusat informasi KS 212 di daerah atau organisasinya
2. Menjadi Pusat pendaftaran anggota KS 212 sesuai prosedur yang ditetapkan oleh KS 212
3. Melakukan kajian bisnis syariah
4. Melakukan kegiatan training dan pengembangan kompetensi
5. Menjadi Pusat bisnis komunitas

Bersambung…

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/panduan-komunitas-koperasi-syariah-212/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

Produk Muslim Berlabel 212

Produk Berlabel 212
August 22, 2017 Posted by: Ibrahim Aji Category: Berita

Dalam rangka meningkatkan pemasaran produk hasil pabrik atau usaha kaum Muslimin, Koperasi Syariah 212 (KS 212) akan segera memulai memasarkan produk yang akan diberi label 212.

Pemasaran produk berlabel 212 yang resmi ini akan dilakukan melalui minimarket 212 Mart dan simpul-simpul komunitas muslim yang bekerjasama dengan KS 212.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mengundang segenap kaum muslimin yang memiliki produk layak ditawarkan dan bersedia dilabeli 212 untuk mengajukan produknya kepada kami.

Produk yang saat ini kami prioritaskan untuk dilabeli 212 adalah:
1. Minyak Goreng
2. Gula Pasir
3. Beras
4. Air Mineral
5. Tepung
6. Telur
7. Kecap
8. Kopi
9. Tissu

Adapun syarat-syarat mitra yang produknya akan kami labeli 212 adalah sebagai berikut:
1. Pemilik pabrik (pemilik usaha) adalah Muslim
2. Pabrik (usaha) sudah berjalan minimal dua tahun
3. Kapasitas produksi minimal 5000 unit per bulan
4. Produk adalah halal, (diprioritaskan bersertifikat halal)
5. Khusus untuk produk makanan dan minuman, harus mendapat rekomendasi sehat atau aman dari pihak terkait.
6. Semua produk telah memiliki kode produk/ barcode.
7. Memiliki armada pengantaran dari pabrik ke Distribution Center (DC) atau ke gudang jaringan KS 212

Masa pengajuan penawaran produk ini kami buka mulai 23 Agustus sd. 8 September 2017. Setiap produk yang ditawarkan selain disertai sampel produknya, juga dilengkapi dokumen persyaratan sebagaimana tersebut di atas.

Sampel dan dokumen persyaratan, dapat dikirimkan ke:

Kantor Koperasi Syariah 212

Bellanova Country Mall
Ruko Blok RK No. 05-06
Jl. MH. Thamrin No. 8
Sentul City, Bogor 16810

Informasi dan Komunikasi dapat menghubungi :
Hanhan Anwar (081398143325)

.

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/produk-berlabel-212/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

212 Mart Lubang Buaya JakTim

Dua Gerai 212 Mart Lagi Akan Dibuka di Jakarta Timur, Yuk Gabung!
August 16, 2017 Posted by: Sri Sugiarti Category: Berita

Gerai 212 Mart Lubang Buaya telah didirikan Juli lalu. Gerai ini berbadan hukum Koperasi Syariah Komunitas Jakarta Timur (KSKJT), dengan ketuanya Chandra Purnama.

Menurut Chandra, mendirikan KSKJT ini sesuai arahan Koperasi Syariah 212 (KS 212) Pusat. Saat pembukaan 212 Mart Lubang Buaya pada Sabtu (29/7) anggota yang terdata sebanyak 199 orang, tapi terus bertambah seiring waktu. Adapun setoran dana penyertaan kisaran Rp 1 juta sampai Rp 20 juta.
”212 Mart Lubang Buaya ini gerai tipe C, dengan kisaran dana untuk semua termasuk sewa ruko, renovasi, tambah daya listrik, dan lainnya sekitar Rp 750 juta. Sewa ruko pertahunnya Rp60 juta, dan sudah dibayar tiga tahun ke depan,” kata Chandra kepada Koperasi Syariah 212, belum lama ini.

Anggota KSKJT ini adalah anggota komunitas Koperasi Syariah 212 Jakarta Timur. Di Jakarta Timur, kata Chandra, rencanannya akan mendirikan dua lagi gerai 212 Mart yaitu di Kayu Putih dan Ramawangun. Pendirian itu, setelah enam bulan 212 Mart Lubang Buaya ini berkembang.

”Kami akan belajar dulu di 212 Mart Lubang Buaya. Masalah pasti ada, namanya juga dinamika usaha, dinamika organisasi. Tapi ini semua pengalaman. InsyaAllah, gerai kedua nanti bisa lebih efisien dan efektif,” ujar Chandra.

Konsep pengembangan 212 Mart di Jakarta Timur, menurut dia, berbeda dengan konsep di wilayah lain. Kalau di wilayah lain dikatakan Chandra, dalam pengumpulan investasi untuk satu gerai target tercapai, maka pendaftaran ditutup. Untuk buka gerai berikutnya dibuka kembali, tapi begitu investasi tercapai ditutup lagi.

Namun, lanjut dia, di Komunitas Koperasi Syariah 212 Jakarta Timur, konsepnya tidak seperti itu, yakni konsep portofolio yang dipakai. ”Jadi kita punya pool of fund, investor tadi berjamaah. Kita buka satu di Lubang Buaya, mereka bisa investasi lagi untuk gerai kedua, maksimum dana Rp 20 juta, begitu juga untuk gerai ketiga. Jadi perhitungan bagi hasilnya juga bukan perlokasi, tapi untuk keseluruhan total semua gerai,” ungkap Chandra.

Chandra menjelaskan lagi, bagi hasilnya bersifat sharing economy. Ada porsi investor, dana cadangan, dan koperasi. Mengapa ada porsi untuk koperasi? Karena 212 Mart Lubang Buaya ini yang menjalankan ya KSKJT itu, jadi seperti fund manager.

212 Mart ini memiliki visi membangkitkan ekonomi umat, maka Chandra berharap agar jamaah belanja di toko 212 Mart Lubang Buaya ini, bukan malah ke toko lain milik non Muslim. Pihaknya, kata Chandra, meminta agar semua jamaah memegang komitmen untuk belanja di toko sendiri.

Karena untuk bisa mandiri dan bersaing dalam upaya membangkitkan ekonomi umat, maka jamaah harus belanja di toko miliknya yaitu 212 Mart Lubang Buaya ini. ”Kekuatan berjamaah itulah harapan kita,” kata Chandra.

Chandra menghimbau agar semua anggota komunitas KS 212 Jakarta Timur bisa berpartisipasi dalam gerakan berjamaah ini. Karena menurutnya, selama ini umat Muslim hanya menjadi pangsa pasar. Nah, dengan kekuatan berjamaah dan konsep koperasi kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia bisa terwujud. Ini dikarenakan pangsa pasarnya dari umat, oleh umat, dan untuk umat. Sehingga perputaran ekonomi itu berputar di umat, tidak hanya di wilayah umum.

Dalam pengembangan 212 Mart Lubang Buaya, lanjut dia, selain memasarkan produk umum, pihaknya juga memfasilitasi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) baik dari jamaah atau anggota, serta warga sekitarnya. Namun dengan catatan tidak bersaing langsung dengan produk yang sudah ada. Kemudian akan dilihat perkembangannya dalam tiga bulan. Kalau peminatnya banyak akan berlanjut, tapi kalau ternyata tidak satu pun produknya laku, misalnya. Maka produk UKM itu akan ditarik dari gerai tersebut.

.

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/dua-gerai-212-mart-lagi-akan-dibuka-di-jakarta-timur-yuk-gabung/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

212Mart Bojong Kulur Omzet 76 Juta

Dahsyat! 212Mart Bojong Kulur Raih Rekor Omzet Tertinggi Rp 76 Juta per Hari
August 7, 2017 Posted by: Sri Sugiarti Category: Berita

212 Mart Bojong Kulur telah diresmikan, tepatnya di Ruko Blok GG 10 No.14-15 Gerbang Villa Nusa Indah 2 Bojongkulur, Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/8).

“Alhamdulillah berkat kerja berjamaah pengurus, penasihat, pengawas, manajer, anggota, distributor, tanggal 6 Agustus 2017, 212Mart Bojong Kulur mencatat rekor nasional untuk omzet saat grand launching sebesar Rp 76 juta,” kata Ketua Koperasi Sejahtera Bersama Syariah (SBS) Djony Edward.

Rekor ini, kata Djony, mengalahkan rekor tertinggi nasional yang diraih 212Mart Limus Pratama, sebelumnya di level Rp 60 juta. Di mana rekor 212Mart Limus Pratama sendiri mengalahkan sukses rekor Kita Mart Bojong Kulur pada 16 April 2017 yang mencatat omzet pada grand launching sebesar Rp 43 juta.

Djony menegaskan, rekor grand launching dengan capaian omzet Rp 76 juta ini sungguh sangat membanggakan, karena di saat industri ritel nasional sedang menurun, ditandai dengan tutupnya seluruh gerai 7 Eleven, anjloknya laba Indomart hingga 71 persen dan tutupnya 2 gerai Hypermart. “Kata kuncinya adalah usaha ritel Muslim berbasis komunitas,” ujar Djony.

Baik 212 Mart maupun Kita Mart Bojong Kulur adalah anak usaha Koperasi Sejahtera Bersama Syariah (Koperasi SBS) dibidang perdagangan ritel modern.

Djony menjelaskan, anggota Koperasi SBS hingga Minggu (6/8) malam sudah mencapai 1.025 anggota, dan akan terus bertambah, dengan total dana investasi sebesar Rp 1,25 miliar. Saat ini dana investasi itu telah ditanam dalam bentuk Kita Mart dan 212 Mart Bojong Kulur.

Koperasi SBS merupakan koperasi berbasis jamaah 31 masjid dan musholla yang tergabung dalam Badan Koordinasi Masjid dan Musholla (BKM) se-Bojong Kulur, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Menurutnya, masih ada 40 masjid dan musholla yang belum bergabung, namun hanya tinggal waktu untuk bergabung pada gerai-gerai berikutnya.

“Koperasi SBS menargetkan memiliki minimal 10 gerai 212 Mart maupun Kita Mart di Bojong Kulur untuk mengkafer dan melayani 63.000 ummat Islam di Bojong Kulur. Si merah dan si biru sudah lebih dulu memiliki 22 titik di Bojong Kulur,” ungkap Djony.

Ke depan, lanjut dia, selain berinvestasi dibidang toko ritel modern, Koperasi SBS berencana berinvestasi pada 212 Matrial, 212 Elektronik, 212 Distribusi, 212 Fashion, 212 Sparepart, 212 Otomotif, dan lini-lini bisnis lainnya yang berbasis jamaah.

Semua ini kata Djony, berkat #Spirit212 sehingga pengurus, penasihat, pengawas, manajer dan terutama anggota dan calon anggota yang semakin sadar betapa pentingnya berbelanja di toko milik sendiri. Koperasi SBS bertekad mengembalikan marwah koperasi pada rel yang benar, yakni menjadi sokoguru perekonomian Indonesia lewat amal usaha yang profesional, berjamaah, dari ummat, oleh ummat dan untuk ummat.

Djony dan segenap pengurus Koperasi SBS mengucapkan terima kasih kepada wabil khusus para anggota yang dengan antusias, penuh kesadaran dan penuh harapan membesarkan toko milik kita bersama lewat investasi yang dipercayakan dan belanja yang dilakukan.

“Mari kita buktikan, ukhuwah ini benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang nyata. Kita juga perlu berterima kasih kepada para ustad, para kyai, para guru, dan para cerdik pandai yang senantiasa mengawal amal usaha mulia ini,” ujarnya.

Tidak lupa, Djony menghimbau ummat juga harus bersyukur atas nikmat ukhuwah yang Allah SWT berikan sehingga hati-hati kita dipertautkan antara yang satu dengan yang lain, sehingga kita bisa bergandengan tangan.

“Harapannya, semoga tambahkan rezeki dan nikmat atas rasa syukur.Akhirnya saya mengucapkan selamat atas prestasi kita bersama hari ini. Semoga kita bisa mencatat rekor-rekor baru nasional lainnya di waktu-waktu mendatang,” kata Djony.

Barang Keburu Habis

General Manager 212 Mart Bojong Kulur, Puarman mengucap terima kasih kepada Direktur Eksekutif Koperasi Syariah 212 (KS 212) Pusat, Ahmad Juwaini, dan Ketua Koordinator Komunitas KS 212 Eka Rusmiyanti atas doa dan dukungannya.

Menurut Puarman, ini semua adalah nikmat kita berjamaah dalam upaya membangkitkan ekonomi mat Muslim Indonesia.

“Sebenarnya target kami saat grand Launching 212 Mart Bojong Kulur kemarin Rp 100 juta, tapi maghrib barang sudah banyak yang habis, disyukuri apa yang ada. Dan, satu hal yang menggembirakan saya adalah sales toko pertama tetap stabil tidak tergerus oleh kehadiran toko kedua,” pungkas Puarman.

.

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/dahsyat-212mart-bojong-kulur-raih-rekor-omzet-tertinggi-rp-76-juta-per-hari/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

Alamat 212Mart

Cari 212Mart di Dekat Anda Ini Alamat Lengkapnya!
August 11, 2017 Posted by: Ibrahim Aji Category: Berita

Seperti sudah diberitakan sebelumnya di situs resmi Koperasi Syariah 212 ini, sebanyak 17 gerai 212Mart insyallah akan didirikan sampai tanggal 17 Agustus 2017. Sebagian besar sudah berdiri, tinggal itungan jari gerai yang harus berdiri sampai artikel ini dibuat.

Di media sosial, juga banyak yang bertanya, di mana saja ada 212 Mart? Banyak yang ingin berbelanja di 212 Mart, tapi tidak tahu tempatnya. Banyak yang penasaran ingin melihat bentuknya.

212Mart adalah jaringan ritel dari Koperasi Syariah 212 yang dimiliki umat, dikelola oleh umat, dan didirikan untuk umat. Masih bisakah Anda menerima pertanyaan ini, “Kembaliannya boleh disumbangkan Pak?” ketika Anda berbelanja di salah satu jaringan ritel besar milik Non Muslim? Tahukah Anda kemana uang receh dari Anda tersebut disalurkan? Yang jika jika dikumpulkan, nilainya Miliaran! Nah, insyallah sedekah Anda ketika berbelanja di 212Mart akan digunakan untuk langsung untuk kepentingan umat .

Ingin tahu lebih banyak tentang 212Mart? Bisa cek laman 212mart ini dan laman berita 212Mart ini.

Baiklah, kami daftarkan di sini, di mana saja gerai 212 Mart berada. Daftar ini disusun berdasarkan urutan pendiriannya. Jadi, Kota Bogor, Taman Yasmin adalah yang pertama. Sebagian besar sudah didaftarkan dan diapprove oleh Google untuk penandaan tempatnya di Google Maps, sehingga Anda bisa mengecek dahulu di Google Maps. Sebagai kecil masih menunggu approval. Silakan klik tautan ke Google Maps di samping alamat, bagi yang sudah tersedia.

Nah, sekarang, Anda dapat mulai berbelanja di 212Mart.

001. 212 Mart Yasmin
Jl. KH Abdullah Bin Nuh, Ruko No.80 Taman Yasmin VI Kota Bogor
https://goo.gl/maps/USzKzBFEAwz

002. 212 Mart As-Salaam
Komplek Mesjid As-salaam Indocement No. 01 Kelurahan Gunung Putri Selatan, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor Tazkia

003. Smart Mitra KS212
Mesjid Andalusia, Jln. Ir. H Juanda Sentul City, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor
https://goo.gl/maps/UkSBsijs4m52

004. 212 Mart Koperasi Amanah Mutaqqin (Pekayon)
Jl. Ketapang Raya Blok Dd 14, Kelurahan Pekayon Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 17148
https://goo.gl/maps/iDC9WN4xqGF2

005. 212 Mart Semplak
Jl. Raya Semplak No.10, Kelurahan Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat
https://goo.gl/maps/HiuLmdsTg4U2

006. 212Mart Cirebon
Jl. Moh Toha No.34, Kesenden, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45121
https://goo.gl/maps/sfZYCdcUUPJ2

007. 212Mart Mustika Jaya
Jl. Raya Dukuh Zamrud Blok A05, Padurenan, Kelurahan Mustikajaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat 16340
https://goo.gl/maps/WYGsVZhiizF2

008. 212 Mart Parung Bingung
Jl. Parung Bingung RT01 RW10 Kelurahan Rangkap Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat

009. 212 Mart Lubang Buaya
Jl. Lubang Buaya No.60, Gg. Delima III, RT09/RW02, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 13810
https://goo.gl/maps/ahWHCNMXhRR2

010. 212 Mart Limus Pratama
Jl. Limus Pratama (Komplek Ruko Limus Pratama Regency), Kelurahan Ciangsana, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
https://goo.gl/maps/STS1GdyvAdm

011. 212Mart Asy Suhada Harapan Indah
Jl. Dahlia Indah Utara Blok JF-1 (dalam area Mesjid As-Syuhada), Kelurahan Harapan Indah, Kecamatan Tambelang, Kota Bekasi, Jawa Barat
https://goo.gl/maps/QVxhMm1bjyj

012. 212 Mart Pamulang
Jl. W R Supratman No.10, Kelurahan Rengas, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten 15412
https://goo.gl/maps/DKYbLBX2wU22

013. 212 Mart Jatisampurna
Jl. Raya Kranggan No.109, Kelurahan Jatiraden, Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17433 https://goo.gl/maps/WwsyzWDZxvS2

014. 212 Mart Bojong Kulur
Jl. Nusa Indah Raya Blok Gg-10 No.19, Kelurahan Bojong Kulur, Gn. Putri, Bogor, Jawa Barat 16969
https://goo.gl/maps/SGp5rYMVLA42

015. 212 Mart Magelang
Jl. Pahlawan No. 106A, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Jawa Tengah 56116
https://goo.gl/maps/PKAqsbW322x

016. 212 Mart Medan
Jl. Karya Jaya No. 207 E/F, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara 20147
https://goo.gl/maps/mGZWGSvBF362

017. 212 Mart Nanggewer
Jl. Roda Pembangunan No.1 RT 01 RW 06 Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor

.

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/cari-212mart-di-dekat-anda-ini-alamat-lengkapnya/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

212 Mart Tangerang Selatan

Lebih Dari Sekadar Bisnis, 212 Mart Tangsel itu Ibadah dan Perjuangan
August 14, 2017 Posted by: Sri Sugiarti Category: Berita

Gerai 212 Mart Tangsel terletak di Jalan WR.Supratman No.10, Rengas, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) diresmikan, pada Sabtu (5/8) lalu. Mini market besutan Koperasi Syariah 212 (KS 212) bernama 212 Mart Tangsel.

Ketua 212 Mart Tangsel, Teddy Supriadi mengatakan, 212 Mart ini dibangun melalui swadaya umat secara berjamaah yang merupakan alumni 212. “212 Mart Tangsel ini berbadan hukum Koperasi Umat Madani Bersatu (KUMB) Tangsel,” ujar Teddy kepada Koperasi Syariah 212 dihubungi akhir pekan lalu.

Adapun menurut Teddy, perbedaan antara 212 Mart dengan minimarket konvensional adalah pendirian 212 Mart Tangsel ini melalui dana kolektif umat dan cukup investasi dengan Rp 500.000 perorang. Maka umat sudah memiliki mini market berbasis Islami ini. Sedangkan untuk konvensional, yang butuh dana kisaran Rp 900 juta untuk membangun satu minimarket, biasanya ditanggung oleh stau-dua orang saja, tidak berjamaah.

Dikatakan Teddy, 212 Mart ini yang pertama di Tangsel, dan kedepan akan terus dikembangkan minimal di setiap kecamatan ada satu gerai 212 Mart. “InsyaAllah 212 Mart di Tangsel akan terus bertumbuh dengan ghirah ekonomi umat yang tinggi dalam upaya membangkitkan ekonomi umat Muslim Indonesia,” ujar Teddy.

250 Orang Berpatungan

Wakil Ketua 212 Mart Tangsel, Anwar menambahkan, ghirah ekonomi umat Tangsel sangat luar biasa, terbukti sekitar 250 orang bergabung dalam pendirian 212 Mart Tangsel. Adapun dana penyertaan bersifat portofolio atau saham. Di mana kepemilikan saham peranggota minimal Rp 500 ribu, dan maksimal Rp 20 juta. “Keunikan sistem portofolio ini, jamaah bisa top up kalau mau ikut lagi untuk membuka 212 Mart berikutnya,” ujarnya.

Lebih lanjut Anwar menjelaskan, 212 Mart Tangsel ini tipe C, dengan total dana termasuk renovasi dan sewa ruko adalah sebesar Rp 630 juta. “Sewa ruko Rp 80 juta pertahun, namun ruko ini sebelumnya sudah dibeli seharga Rp 2,1 miliar dengan dana berjamaah. Jadi sistem sewanya ke koperasi,” ujarnya.

Dikatakan Anwar, 212 Mart ini milik umat dan untuk umat dalam upaya membangun ekonomi umat khususnya di wilayah Tangsel, dan umumnya di seluruh Indonesia. 212 Mart ini juga akan terus berkembang menambah gerai-gerainya. Salah satunya, saat ini 212 Mart Tangsel telah menyiapkan gerai kedua.

“Target kami di akhir September atau awal Oktober 2017 sudah grand launching 212 Mart gerai kedua. Alhamdulilah, grand launching gerai pertama 212 Mart Tangsel tembus angka Rp 38 juta untuk omzetnya,” kata Anwar.

Setelah dibuka gerai kedua, lanjut dia, akan menyambung ke gerai ketiga karena beberapa tempat sudah menunggu antrian. Namun demikian, kata Anwar, perlu sosialisasi kepada jamaah.Karena setiap gerai itu yang penting komunitas atau jamaahnya. Karena itulah kuncinya 212 Mart itu bisa jalan. Dan, tanpa jamaah itu berat.

Kunci kedua, kata dia, harus ada relawan yang siap mewakafkan waktu, pikiran, tenaga, bahkan materi dalam proses membangun ekonomi umat. Kalau tidak ada relawan menurut Anwar, tidak ada yang bergerak, tidak yang bekerja juga akan kesulitan. “Jadi relawan itu penting. Relawan itu garda terdepan yang akan terus bekerja dan sosialisasi atau mencari investor untuk diajak bergabung di 212 Mart,” jelas Anwar.

Gerai 212Mart di Tiap Kecamatan

Anwar menegaskan, pihaknya menargetkan tahun ini di Tangsel di setiap kecamatan itu ada satu gerai 212 Mart. Adapun target lima tahun kedepan adalah di setiap kelurahan ada satu gerai 212 Mart. “Alhamdulilah kita dapat dukungan dari dinas koperasi Tangsel, pada peresmian 212 Mart Tangsel hadir dan langsung masuk jadi anggota,” ujar Anwar.

Bahkan lanjut dia, dinas koperasi akan menjadikan Koperasi Umat Madina Bersatu (KUMB) Tangsel ini menjadi percontohan koperasi di Tangsel. “Jadi KUMB ini akan menjadi rujukan studi banding,” ujarnya.

Anwar menjelaskan, alasan KUMB dijadikan percontohan yakni karena hari ini mayoritas koperasi itu kebanyakan sifatnya eklusif atau simpan pinjam tidak bergerak di bidang ritel dan perkembangannya lambat meskipun sudah 5-10 tahun tapi masih bermain di simpan pinjam saja.

“Insyaallah KUMB ini akan terus bergerak di bidang ritel. Bidang jasa penjualan dan kuliner.Itu program kita kedepan. KUMB juga sudah ditunjuk oleh Dinas Koperasi untuk jadi pembicara di Hari Koperasi (Harkop) nasional pada Oktober mendatang,” ungkapnya.

Kembali Anwar menegaskan, tujuan semua adalah untuk membangun ekonomi umat. Karena semua dari umat, oleh umat, dan untuk umat. Sebagai pengurus tidak ada kepentingan dan keperluan apapun, kecuali semuanya kembali kepada umat.

“Ini ibadah. Ini betul-betul perjuangan. Jadi perjuangan kita tidak mengharapkan imbalan kecuali dari Allah SWT. Kan kami nggak ada yang menggaji, wong kami kerja kepada umat. Dananya, dana umat, maka dari umat, oleh umat, dan untuk umat,” pungkas Anwar.

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/lebih-dari-sekadar-bisnis-212-mart-tangsel-itu-ibadah-dan-perjuangan/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

SOP Daftar KS212 Pusat

SOP Daftar KS212 Pusat

Cara Daftar Online Koperasi Syariah 212 :
1. Siapkan foto KTP Anda dalam PC/ Laptop/ Smartphone Anda
2. buka website www.koperasisyariah212.co.id
3. pilih menu Pendaftaran Anggota
– Anda akan dibawa ke halaman pendaftaran. Seperti laman pendaftaran pada umumnya, ada formulir yang harus diisi.
4. isi data lengkap. Anda Harus memasukkan nomor ponsel dan email yang aktif
5. setelah sampai bagian “Investasi”, Anda bisa mengisinya langsung atau nanti saja.
6. setelah lengkap, klik tombol “Daftar”. Tunggu beberapa detik, lalu buka email yang Anda daftarkan dan temukan email konfirmasi sukses (email pertama). Jika di folder Inbox tidak ditemukan, cek juga di folder spam.
7. tunggu untuk mendapatkan Nomor Rekening Transfer atas nama yang Anda daftarkan dari Admin via email kedua.
8 setelah melakukan transfer, Anda akan mendapatkan Nomor Anggota KS212 melalui email ketiga.
9. Anda resmi menjadi Anggota Koperasi Syariah 212 dan simpanlah Nomor Anggota Anda dengan baik.

.

Info lebih lanjut silahkan hub customer service via Channel212 aplikasi chat Telegram dengan cara: Search @gnpfmuibot pilih tombol Customer Service.

.

Cara Daftar Offline Koperasi Syariah 212 :
1. Anggota mendatangi meja petugas KS212, menyiapkan fotocopy KTP
2. Jika belum menyiapkan uang (bagi yang ingin membayar cash), diarahkan ke ATM untuk yang transfer.
— Uang setoran:
— A. Simpanan Pokok Rp 212.000
— B. Simpanan Wajib Rp 120.000 (setahun)
— C. Simpanan Wadiah Multiguna / Sukarela Rp 50.000
— D. Setoran sukarela / Tabungan investasi (Minimarket, Properti, Lembaga Keuangan, Wakaf Tunai)
3. Petugas KS212 memeriksa isian dan copy ktp
4. Pindah ke meja Bank, menyerahkan form dan uang pendaftaran.
5. Petugas bank memeriksa setoran iuran dan uang/transfer
6. Petugas bank memberikan bukti setoran kepada anggota
7. Anggota akan menerima nomor anggota dari email yang didaftarkan maximum 2×24 jam.

.

Kantor Operasional Koperasi Syariah 212
Jl. Ir. H. Djuanda No. 78, Kompleks Kampus STEI Tazkia, Sentul City, Bogor, Jawa Barat 16810
Email : info@koperasisyariah212.co.id

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi