212 Mart Mustika Jaya Terus Berbenah Diri

212 Mart Mustika Jaya Terus Berbenah Diri
September 22, 2017, Posted by: Sri Sugiarti, Category: Berita

Sejak diresmikan pada 10 Juni 2017, 212 Mart Mustika Jaya terus berbenah diri dalam melayani masyarakat. Salah satunya, dengan membuat kartu anggota untuk memonitor jumlah jamaah berbelanja.

212 Mart Mustika Jaya ini terletak di Ruko Zamrud Blok A05 Jalan Raya Dukuh Zamrud, Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Mustika Jaya, Bekasi, Jawa Barat.

“Kami membuat kartu anggota lokal, sebelum ada dari pusat. Kartu ini baru berjalan dua minggu. Nomor anggota dimasukkan ke sistem belanja, sehingga bisa memonitor anggota secara umum bergerak berbelanja,” ujar Arif Indarto, Sekretaris 212 Mart Mustika Jaya kepada Koperasi Syariah 212 dihubungi, Rabu (20/9) malam.

Karena termonitor itu, jelas dia, apabila ada anggota yang belum belanja akan diingatkan untuk belanja di toko milik umat ini, yang dibangun secara berjamaah. Sehingga 212 Mart Mustika Jaya ini berkembang dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi umat Muslim Indonesia.

“212 Mart Mustika Jaya ini dari umat, oleh umat, dan untuk umat. Maka, umat harus berkomitmen untuk belanja di toko milik sendiri. Kami pengurus akan selalu mengingatkan,” ujar Arif.

Gebrakan lainnya yaitu, 212 Mart Mustika Jaya akan menerapkan sistem delivery order. Sistem ini, kata Arif, bertujuan memudahkan jamaah berbelanja produk-produk yang dibutuhkan tanpa harus datang ke toko.

“Kami sedang persiapan sistem delivery order untuk memudahkan anggota belanja. Karena ada beberapa jamaah yang rumahnya jauh dari lokasi 212 Mart ini. Delivery order ini untuk melayani satu Kecamatan dulu,” jelasnya.

Untuk memudahkan anggota, kata Arif, pihaknya akan membuat katalog ragam pilihan produk lengkap dengan harga yang kompotitif.

Katalog ini akan disebar kepada anggota dan warga lainnya.Sehingga mereka bisa memilih dan memesan produk yang dibutuhkan melalui aplikasi Whatsapp (WA), SMS atau telepon langsung ke 212 Mart Mustika Jaya.

“Untuk layanan delivery ini akan ada orang yang khusus menangani. Pengirimannya gratis, sistem kirimnya dua kali sehari yaitu pukul 10.00 WIB dan 17.00 WIB. Ini sistem yang akan kami persiapkan,” ungkap Arif.

Untuk katalog, menurut dia, tidak hanya produk-produk dari Hydro, tapi juga menampilkan pilihan produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Ada sekitar 20 produk UKM dari anggota yang dipasarkan di 212 Mart Mustika Jaya. Ke depan jumlah produk ini akan terus bertambah.

“UKM ini mitra 212 Mart Mustika Jaya. Sistem transaksinya tidak sinkronisasi ke pusat. Beda dengan produk dari Hydro yang langsung tersinkronisasi dengan pusat. Tapi untuk pembayaran tetap di satu kasir,” papar Arif.

Diakui Arif, pemasaran produk UKM di toko 212 Mart Mustika Jaya ini belum lama. Namun omzetnya sudah terbilang lumayan. “Alhamdulillah omzet produk UKM capai Rp 5 juta dalam waktu dua minggu ini. Insyaallah akan terus bertambah,” ujarnya.

Adapun, jelas Arif, omzet 212 Mart Mustika Jaya pada awal buka sepanjang bulan Juni 2017 mencapai Rp 108 juta. Namun omzet per Juli menurun, dan melejit lagi pada Agustus 2017 mencapai Rp 189 juta.

“Target omzet Rp 9 juta perhari, tapi saat ini baru Rp 6 juta perhari,” ujarnya.

Harapan kedepan, 212 Mart Mustika Jaya bisa mensuplai barang ke warung-warung tetangga yang ada di lingkungan. Untuk itulah, kata Arif, pihaknya berencana membuat Distribution Center (DC) dengan tujuan untuk memenuhi suplai barang kepada warung-warung.

Pasalnya, kata Arif, untuk pemenuhan barang ke warung-warung saat belum bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan dari Hydro. Mengingat pihak Hydro sendiri belum bisa memberikan diskon, sehingga tentunya harus mencari solusi dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi umat.

Salah satu upaya adalah mensuplai barang ke warung-warung tetangga yang ada di sekitar 212 Mart Mustika Jaya.”Rencananya, kami akan membentuk DC produk-produk UKM,” ujarnya.

Setelah membenahi gerai 212 Mart Mustika Jaya dengan baik dari segala sistemnya. Dikatakan Arif, kemudian akan dibuka gerai kedua pada awal 2018 mendatang.

“Insyaallah pada Januari 2018 akan dibuka gerai 212 Mart kedua di Kelurahan Kemuning. Mohon doanya,” pungkas Arif.

.

Sumber:
https://www.koperasisyariah212.co.id/212-mart-mustika-jaya-terus-berbenah-diri/

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha Sejahtera)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi