Info

Sosialisasi 212 Mart Pusat
Sentul City, 18 Mei 2017

212 Mart adalah Produk waralaba minimarket milik KS212 Pusat.

Program Kemitraan Minimarket Syariah212
Unit Pengembangan Bisnis Ritel Koperasi Syariah 212 (KS212 Pusat)

PENDAHULUAN
Kesenjangan ekonomi antara sikaya dan miskin yang semakin lebar dan mengkhawatirkan. Fenomena ini semakin membahayakan karena mayoritas si miskin terdapat pada kalangan Muslim. Minimnya penguasaan ummat pada aset produktif nasional sehingga tidak sebanding dengan proporsi jumlah penduduk yang di atas 87 persen.

Kecilnya kepemilikan ummat dalam berbagai sektor baik keuangan, properti, ritel, dan berbagai jenis industri dan manufaktur.

Besarnya daya beli ummat yang hingga saat ini tidak dikoordinasikan dengan sistematis dan terstruktur.

Masih jauhnya perekonomian dari prinsip-prinsip syariah yang diyakini sangat kuat berdampak terhadap krisis dan mencerminkan sharing economy, atau ekonomi kekeluargaan atau kerakyatan.

Diperlukannya GERAKAN EKONOMI BERJAMAAH yang dilakukan secara profesional dan AMANAH yang mampu mendatangkan kesejahteraan dalam tataran individu/keluarga serta mampu mewujudkan IZZAH dalam tataran keumatan

.

TUJUAN UTAMA

Membangun ekonomi umat yang besar, kuat, profesional, dan terpercaya sebagai salah satu penopang pilar ibadah, syariah dan dakwah menuju kebahagian dunia dan keseimbangan akhirat.

VISI DAN MISI

VISI
Menjadi tiga besar ritel minimarket fast moving consumer goods pilihan masyarakat Indonesia 2019.

MISI
Mengoptimalkan segenap potensi ummat baik secara dayabeli, produksi, distribusi, pemupukan modal serta investasi dalam sektor-sektor produktif pilihan yang dijalankan secara berjamaah, profesional dan amanah yang mampu mendatangkan kesejahteraan pada tataran individu/keluarga serta mewujudkan izzah (kemuliaan) pada tataran keummatan.

SPIRIT
BERJAMAAH, AMANAH , IZZAH

MINIMARKET 212MART

212MART adalah minimarket yang dikelola secara modern dan merupakan brand minimarket Koperasi Syariah 212

Pengelolaan dilakukan secara profesional dan terpusat untuk menjaga daya saing terhadap competitor, baik dari sisi jaringan distribusi, product, harga dan promo.

.

MARKET SHARE
PENDUDUK NON MUSLIM DI INDONESIA 20%
PENDUDUK MUSLIM DI INDONESIA 80%

Saat ini kekuatan ekonomi belum berada di tangan umat Islam.
Contohnya adalah dalam industri ritel Fast Moving Consumer Goods.
Sejak lahir sampai tua dan mati manusia SELALU mengkonsumsi.
Rupiah yang dibelanjakan oleh 260 juta rakyat Indonesia (asumsi @500 ribu/bulan).
130 Trilyun per bulan => 1560 Trilyun per tahun.

Modern Trade (MT) sekitar 20%.
Sekitar 300 trilyun melalui Modern Trade dan dikuasai 90% oleh Non-Muslim.

General Trade (GM)/Tradisional sekitar 80%.
Lebih dari 1.200 trilyun melalui General Trade/tradisional.

Dalam system kapitalisme, pengusaha besar memangsa pengusaha kecil.
(Ilustrasinya, satu ikan besar memakan banyak ikan-ikan kecil).

Dengan berjamaah insyaAllah kita lebih kuat untuk bangkit.
Ganti system kapitalisme dengan system shared economy & sociopreneur.
(Ilustrasi, kumpulan ikan-ikan kecil yang bersinergi membentuk bayangan ikan besar dan mampu mengejar/mengusir ikan besar)
Sumber daya kita “tidak terbatas” jumlahnya, hanya masih tersembunyi diantara ratusan juta umat.

.

212 Mart harus layak secara bisnis, dan barokah bagi lingkungan:
(Mekanisme rincian dalam proses).
– Konsumen bisa nyaman Belanja Halal.
– Umat bisa berInvestasi dan menikmati Hasil Usaha.
– Konsumen dan Investor secara otomatis melakukan amal Zakat, Infaq, Sedekah melalui KS212 kepada Dhuafa.
– Member Khusus akan mendapatkan Harga Kulak Khusus sehingga bisa bersinergi dengan Warung Sekitar

.

======================================================

.

KUNCI SUKSES DALAM PENDIRIAN MINIMARKET 212 MART :

– Semua anggota komunitas berperan aktif untuk berbelanja di minimarket 212 serta mengajak sesama muslim untuk menjadi

anggota koperasi syariah 212 dan menjadi anggota komunitas.
– Koperasi syariah 212 berperan aktif dalam mempublikasikan, mengkomunikasikan 212 MART kepada eksponen 212, komunitas 212

dan masyarakat muslim Indonesia.
– Koperasi syariah 212 dan komunitas berperan serta dalam pegawasan team ahli dalam pengelolaan minimarket 212 mart.

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(PT. Amanah Mulia Usaha Bersama)
(PT. AMUB)
Cikarang Barat, Bekasi

Amanah Jamaah Izzah