Sosialisasi 212Mart

Sosialisasi Program 212 Mart dan Pengukuhan Komunitas Koperasi Syariah 212
May 19, 2017

Tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pemahaman tentang brand 212 Mart, tata cara dan prosedur serta bentuk kerjasamanya.

Sekitar 400-an anggota Komunitas Koperasi Syariah 212 (KS 212) dari berbagai daerah memenuhi ruangan Al Hambra Andalusia Islamic Center, Sentul City, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (18/5). Mereka sangat antusias mengikuti acara “Sosialisasi Program 212 Minimart dan Pengukuhan Komunitas Koperasi Syariah 212.”

Acara yang digelar oleh pengurus pusat KS 212 ini dihadiri Ketua Umum Koperasi Syariah 212 Dr. M.Syafii Antonio, Bendahara Umum KS 212 Ahmad Juwaini, Sekertaris KS 212 Agus Siswanto, Koordinator Pelaksana Harian Komunitas KS 212 Eka Rusmiyanti, dan Manajer Bisnis Koperasi Syariah 212 Han Anwar.

Dalam sambutannya, Syafii Antonio mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada Komunitas Koperasi Syariah 212 terkait program 212 Mart, yakni brand untuk lini ritel Koperasi Syariah 212.

Sebelumnya, kata Syafii, memang telah dipopulerkan oleh Koperasi Syariah 212 yaitu brand KitaMart, namun kini tidak lagi bernaung di bawah KS 212. Kini, KS 212 mengembangkan brand 212 Mart. Oleh karena itu, KS 212 tidak lagi bertanggungjawab atas segala hal yang terjadi dan atau terkait dengan KitaMart.

“Awalnya, kita menggunakan brand KitaMart.Tapi karena brand KitaMart yang notabenennya adalah milik Majelis Ta’lim Wirausaha (MTW).Maka, brand ini dikembalikan kepada MTW, dan kita mengusung brand sendiri yaitu 212 Mart,” jelas Syafi’i.

Dalam kesempatan ini, Eka Rusmiyati menambahkan, sosialisasi ini untuk penjelasan kepada komunitas KS 212 karena mereka sering mendapatkan berita simpang siur terkait perubahan brand ritel KS 212. “Jadi, salah satu tujuan acara ini supaya komunitas KS 212 tahu bahwa kita tidak pakai brand Kitamart lagi,” ujar Eka.

Kini, KS 212 mengusung brand 212 Mart. Hal ini menurut Eka, karena pengurus pusat KS 212 juga melihat dan mendengar beberapa aspirasi, dan pengurus menangkap aspirasi dari arus bawah bahwa mereka lebih cenderung untuk memakai 212 Mart.

“212 Mart ghirahnya lebih terasa. Jadi, kalau memang mau ikut KS 212 Pusat ya brandnya 212 Mart sekarang ini. Jadi kalau ada yang mengusung selain brand ini, bukan tanggungjawab kita,” ungkap Eka.
Pada sosialisasi ini, menurut Eka, juga akan disampaikan tentang bagaimana tata cara dan prosedur untuk membuka 212 Mart, dan bagaimana bentuk kerjasama serta pola 212,akan detail dijelaskan. Selain itu, terkait salah satu altenatif yang disarankan pengurus pusat KS 212 yaitu dalam hal mendirikan 212 Mart harus berbentuk PT ( Perseroan Terbatas), juga akan dijelaskan lebih rinci.
Namun demikian, kata Eka, kalau misalkan ada yang buat koperasi pun tidak masalah, yang terpenting berbadan hukum sah. ” Sementara itu yang kita arahkan ke PT atau koperasi. Untuk UD (Unit Usaha) belum ya saat ini,” ujarnya Eka.

Eka berharap, 400 orang komunitas KS 212 yang hadir setelah mendengarkan sosialisasi terkait program 212 Mart dan bentuk kerjasamanya, dengan pemahamannya dapat memberikan informasi kepada anggota komunitas lainnya.
” Kan selama ini mereka hanya mendengar berita, tapi nggak tahu benar atau tidaknya. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan menjadi jelas dan bisa dipahami oleh semuanya,” pungkas Eka.

Pengukuhan 12 Komunitas KS 212
Pada sosialisasi program 212 Mart, juga diadakan pengukuhan Komunitas Koperasi Syariah 212 ( KS 212). “Yang dilantik adalah 12 Komunitas KS 212 yang mendapatkan SK Tahap II dari KS 212 Pusat,” ujar Eka.
Berikut adalah nama-nama komunitas KS 212 yang dikukuhkan :
1. Komunitas RM Bersama : Ketua Ibu Enny Triana
2. Komunitas Jakarta Selatan : Ketua Bpk. Tohirin
3. Komunitas Kabupaten Bogor : Ketua Ibu H. Aida Yudiastuti
4. Komunitas Mesjid Asyuhada Kota Harapan Indah : Ketua Bpk. H. Sardi
5. Komunitas Kota Bandung 2 : Ketua Bpk. Irawan Febianto
6. Komunitas Bontang : Ketua Bpk. Ronal Rizal
7. Komunitas Lombok : Ketua Bpk. H. Idham Husin, ST
8. Komunitas Lampung : Ketua Dr. KH. Bukhori Abdul Shomad, MA
9. Komunitas Sukoharjo : Ketua Bpk. Herman Wibowo
10. Komunutas Palu : Ketua Bpk. Taswin Ambotang
11. Komunitas Turki : Ketua Bpk. Azwir Nazar, M.Si
12. Komunitas Barokah Si86 : Ketua Bpk. Luhur Muljo Purwanto

.

.

212 Mart Cikarang Barat
(Koperasi Amanah Mulia Usaha berSama)
(KAMUS)
Cikarang Barat, Bekasi

Amanah Jamaah Izzah